Cara Memilih CCTV yang Paling sesuai untuk kebutuhan

Kami akan mengulas bagaimana cara memilih CCTV sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang anda miliki. Panduan ini akan mengulai berbagaihal tentang topik tersebut.

tips memilih merek kamera cctv

Memilih CCTV sebelum memutuskan untuk instalasi merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh Anda sebagai pemilik rumah. Dengan memasang CCTV, tentu Anda berharap rumah Anda dalam pengawasan yang lebih detil sehingga Anda merasa nyaman saat perlu bepergian keluar rumah dan tak ada seorang pun disana.

Maka dari itu Anda jangan enggan untuk mencari tahu berbagai hal mengenai CCTV, termasuk mengetahui cara memilih CCTV yang paling sesuai untuk kebutuhan rumah Anda. Karena CCTV itu sendiri memiliki berbagai jenis lensa, rangka, hingga kemampuan sensor cahaya sehingga memilih produk ini pun tidak bisa sembarangan.

Ada CCTV yang dirancang khusus di dalam ruangan saja, ada pula CCTV yang dirancang tahan menghadapi cuaca ekstrim. Bahkan CCTV berjenis vandalproof sengaja diciptakan untuk ditempatkan pada lokasi-lokasi yang rawan tindak kekerasan dan aksi demo.

Baca juga artikel kami lainnya : Kota Terbanyak Menggunakan CCTV Di Dunia

Supaya Anda tidak salah pilih, Anda perlu mengetahui cara memilih CCTV yang paling sesuai kebutuhan!

Memilih CCTV sesuai budget

Biaya menjadi hal yang sangat krusial dalam pemilihan CCTV. Semakin tinggi spesifikasi yang Anda inginkan, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar. Namun bukan berarti tak ada satu pun CCTV yang tidak sesuai dengan kantong Anda asalkan Anda pintar memilih dan jeli menerima penawaran terbaik yang paling sesuai dengan kantong Anda.

Setiap produk CCTV memiliki kelebihan dan kekurangan. Bukan berarti CCTV berharga murah memiliki kualitas yang buruk, begitu pula apabila berharga mahal bukan berarti tanpa kekurangan.

Apabila kebetulan Anda mempunyai saudara yang pernah memasang CCTV, Anda bisa bertanya mengenai merk yang mereka pakai serta harga dan jasa pasang CCTV. Jika Anda ingin memasang CCTV untuk hunian namun Anda memiliki keterbatasan dana,

Anda bisa memilih CCTV dengan resolusi video yang lebih rendah. Namun apabila Anda akan memasang CCTV di wilayah perkantoran atau tempat umum, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli produk dengan kualitas gambar yang mumpuni.

Pertimbangkan kualitas tVL pada kamera CCTV yang akan anda beli Sebelum Memilih CCTV

Cara memilih CCTV yang selanjutnya adalah mempertimbangkan kualitas TVL. TVL atau biasa disebut dengan television lines/tv lines merupakan satuan istilah yang biasa digunakan dalam kamera CCTV.

Jika dalam ponsel kita mengenal megapiksel sebagai satuan untuk mengetahui tingkat resolusi kamera pada ponsel, maka CCTV menggunakan TVL sebagai acuan. Rumusnya adalah, semakin tinggi TVL yang ada pada kamera CCTV, maka semakin baik resolusi dari kamera CCTV tersebut.

Sebagai gambaran, berikut ini standar kualitas atau resolusi pada gambar CCTV.

  • 1/4″ CMOS/CCD Standard Image Quality – 380-420 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVL

Supaya lebih memahami tentang gambaran kualitas CCTV di atas, Anda jangan ragu untuk menanyakan kepada agen pemasangan CCTV sebelum Anda memutuskan akan memilih jenis/merk CCTV mana yang paling sesuai untuk kebutuhan.

Bandingkan merk cCTV satu dengan yang lainnya

compare product

Tips memilih CCTV. Ketika membicarakan tentang kualitas kamera, sebagian besar orang akan beranggapan bahwa kualitas kamera yang baik tentu dibarengi dengan merk yang baik pula. Padahal hal itu tidak berlaku demikian pada kamera CCTV.

Setelah Anda memutuskan memilih lensa kamera CCTV yang paling pas untuk kebutuhan Anda, selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah mengenaik merk CCTV mana yang paling baik dan sesuai kantong.

Rata-rata saat ini kamera CCTV hadir dalam jenis kamera wireless dimana Anda tidak memerlukan kabel dan proses instalasi yang rumit. Harganya pun juga lebih terjangkau.

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah memilih tujuan pemasangan CCTV. Pertimbangkan tujuan dan lokasi pemasangan, sehingga Anda akan mengumpulkan beberapa merk yang mendukung kebutuhan Anda tersebut.

Ada berbagai merk yang beredar di pasaran, dengan berbagai produk serta fungsi yang canggih dan memudahkan pengguna kamera ini. Namun Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih kamera CCTV dengan merk yang sudah memiliki reputasi baik, supaya produk yang Anda dapatkan awet dan berkualitas.

Garansi produk perlu untuk diperiksa sebelum memutuskan Memilih CCTV atau membeli Kamera CCTV

Setiap produk elektronik yang dijual di pasaran selalu menyertakan garansi produk, begitu pula dengan produk kamera CCTV. Memeriksa garansi produk sama pentingnya seperti Anda memeriksa merk, jenis kamera serta fitur yang ada pada produk kamera CCTV.

Garansi produk itu sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah jaminan yang diberikan oleh produsen produk, dalam hal ini adalah kamera CCTV apabila produk tersebut cacat produksi.

Garansi memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, maka Anda harus meneliti hal ini secara detil. Umumnya garansi yang diberikan adalah berjangka 1 sampai 2 tahun, dan berupa garansi vendor maupun distributor.

Perusahaan CCTV yang baik tentu memperhatikan garansi produk ini sebagai salah satu cara menarik pelanggan serta mengevaluasi hal yang masih banyak kesalahan. Setiap garansi selalu dibarengi dengan syarat dan ketentuan yang masuk kriteria dapat diklaim garansi.

Dan ini biasanya bermacam-macam antara satu merk dengan merk lainnya. Anda perlu membaca satu persatu dengan teliti, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan jasa CCTV yang Anda percaya.

Cara Memilih CCTV berikutnya adalah perhatikan Jenis garansi Yang Diberlakukan

Secara umum ada 4 jenis garansi yang perlu Anda tahu sebelum membeli CCTV supaya tidak bingung ketika satu produk dan produk lainnya memiliki jenis yang berbeda-beda.

  • Garansi Toko. Garansi ini seperti namanya, diberikan oleh toko tempat Anda membeli kamera CCTV. Apabila biasanya sebuah garansi memiliki durasi yang cukup lama seperti 1 hingga 2 tahun, maka garansi toko ini hanya berlaku beberapa hari saja. Anda bisa mengklaim garansi dalam batas waktu yang telah ditentukan apabila ditemukan kerusakan pada CCTV.
  • Garansi Distributor. Garansi tipe ini memang tidak semua merk CCTV menggunakannya, namun tetap saja ada beberapa merk yang menggunakan garansi distributor sebagai jaminan. Garansi ini diberikan oleh distributor merk yang mendistribusikan kamera CCTV, dan waktunya pun relatif singkat. Banyak orang yang menghindari garansi jenis ini karena biasanya apabila suatu merk elektronik memiliki garansi distributor, maka merk tersebut belum secara resmi masuk ke Indonesia. Anda perlu memperhatikan sebelum membeli, apakah CCTV pilihan Anda bergaransi distributor atau tidak.
  • Garansi Resmi. Dalam Memilih CCTV perhatikan garansi resmi. Garansi resmi ini sifatnya nasional, yaitu garansi ini dibuat langsung oleh perusahaan yang membuat CCTV tetapi hanya khusus negara kita saja. Garansi resmi menjadi garansi yang paling banyak disukai karena jangka waktunya yang cukup panjang yaitu berkisar 2 sampai 3 tahun. Dan tentu saja apabila suatu merk CCTV telah memiliki garansi resmi, sudah bisa dipastikan bahwa merk tersebut telah masuk ke Indonesia secara resmi.
  • Garansi Global. Garansi ini juga sama-sama dibuat oleh perusahaan pembuat suatu produk, namun bedanya garansi ini dapat digunakan di negara mana saja yang terdapat cabang merk tersebut. Garansi jenis ini tidak selalu ada dalam sebuah merk karena tidak semua merk juga memproduksi produk yang sama di negara lain. Garansi global menjadi salah satu garansi yang jarang ditemui untuk kamera CCTV.

Pertimbangkan untuk membeli kamera CCTV yang dapat terhubung dengan aplikasi ponsel

Ponsel pintar saat ini bukanlah suatu barang mewah melainkan menjadi barang kebutuhan yang harus ada sebagai penunjang mobilitas Anda. Maka tak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk memilih kamera CCTV yang telah mendukung penggunaan aplikasi di ponsel.

Jadi ketika Anda tidak ada di rumah pun Anda tetap bisa mengawasi rumah dari mana saja dan kapan saja karena teknologi yang canggih ini. Soal fitur yang canggih ini tentu berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

Beberapa jenis kamera CCTV ternama umumnya memiliki aplikasi pendukung yang bisa diakses di berbagai sistem bawaan seperti Android, iOS maupun PC. Sebagai contoh, CCTV Hikvision menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di App Store maupun Play Store untuk memudahkan Anda dalam mengawasi rumah dimana pun.

Jenis Kamera Indoor atau Outdoor juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dalam Memilih CCTV

Setelah mencari tahu mengenai berbagai merk yang sesuai dengan dana yang Anda miliki, maka saatnya Anda juga mempertimbangkan tempat Anda memasang CCTV. Apakah di dalam atau di luar ruangan? Karena perbedaan mendasar itu juga memiliki jenis CCTV yang berbeda supaya Anda tetap bisa berpegang pada dana yang Anda punya serta pengawasan kamera yang lebih maksimal. Apabila Anda memilih untuk memasang CCTV di luar ruangan,

Anda bisa memilih CCTV dengan fitur infrared yang dapat mereduksi cahaya serta memaksimalkan cahaya saat terang dan gelap. Selain itu juga perlu memilih CCTV yang tahan terhadap cuaca atau jenis weatherproof sehingga saat terkena air dan angin secara terus menerus tidak akan cepat rusak.

Sedangkan untuk kamera indoor lebih simpel karena fitur yang diperlukan tidaklah sebanyak kamera outdoor. Kamera indoor ini lebih bervariasi dalam hal bentuk/bodi kamera, karena ada yang menempel di atap, di sudut ruangan dan masih banyak lainnya.

Cek peringkat merk CCTV melalui website terpercaya

Keraguan masih ada walaupun Anda telah mengikuti tips-tips di atas? Maka cara memilih CCTV yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu peringkat merk CCTV yang terbaik melalui website terpercaya. Website ini memberikan informasi mengenai merk CCTV yang memiliki kualitas paling mumpuni berdasarkan kualitas dan pilihan konsumen.

Disini Anda akan melihat banyak sekali jenis CCTV yang didata berupa rangking dan Anda bisa cek fitur serta harganya setelah melihat website tersebut. Anda bisa klik disini untuk melihatnya.

Nah itu dia beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan dan terapkan sebelum menentukan CCTV yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara memilih CCTV di atas perlu untuk Anda terapkan secara keseluruhan supaya Anda bisa mendapatkan merk CCTV yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari fitur hingga dana yang pas untuk kantong.

Memilih CCTV yang tepat tentu akan membuat pengawasan di rumah Anda lebih maksimal, begitu juga karena membeli CCTV tidaklah murah, mempersiapkan semuanya sebelum membeli dapat memberikan Anda rasa aman serta lebih percaya diri. Anda bisa mempercayakan pemasangan CCTV di rumah Anda kepada jasa CCTV Profesional. Hubungi kami!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *