Mengatasi CCTV Mati Total Cari Tau Penyebabnya

Mengatasi kamera CCTV mati total. Memasang kamera CCTV memang lebih banyak keuntungannya karena selain dapat mengawasi rumah/wilayah Anda, juga bisa mengantisipasi keteledoran. Kamera CCTV itu sendiri memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya, salah satunya adalah media penyimpanan atau DVR.

Namun memasang kamera CCTV itu sendiri tidak bisa dilakukan sembarang, butuh orang yang ahli karena memang dalam proses pemasangannnya, banyak perangkat tambahan yang menyertai kamera CCTV ini. Masalahnya, terkadang dijumpai kamera CCTV yang tiba-tiba mati atau tidak merekam video lagi dan ini biasa disebut dengan video loss. Karena banyaknya perangkat tambahan yang menyertai.

loss cctv mati total

Anda tidak bisa hanya menyimpulkan satu penyebab saja yang menjadi alasan kamera CCTV mati. Ada banyak penyebab dan perlu Anda cek satu persatu untuk mengetahui manakah penyebabnya. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum lebih lanjut baca juga : Jasa CCTV Purwakarta – Solusi pemasangan dan perbaikan CCTV di daerah purwakarta

Mengatasi CCTV Mati Total : Cek Adaptor atau power supply

Kamera CCTV dapat menyala karena terhubung dengan adaptor atau power supply yang merupakan sumber listrik dari kamera. Keberadaan adaptor ini sangatlah penting, karena sangat berpengaruh terhadap kinerja dari kamera. Apabila adaptor ini mati, maka secara otomatis kamera CCTV juga tidak dapat merekam alias mati.

Jika kamera CCTV mati total, maka tampilan video pada layar monitor akan menunjukkan tulisan video loss. Maka cara mengatasinya adalah Anda harus segera memeriksa power supply. Pastikan power supply dalam keadaan menyala, bila perlu Anda bisa cek dengan alat bernama avometer. Jika power supply benar-benar mati maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

CCTV Mati total Bisa Juga Karena Kamera Rusak

Apabila kamera CCTV mati atau tidak mau menyala, maka tampilan pada layar monitor menjadi blank sehingga kamera tidak dapat merekam video dan tidak ada rekaman yang tersimpan. Sebelum bertindak Anda perlu memastikan infrared kamera CCTV.

Jika infrared menyala maka hanya kamera saja yang rusak, namun apabila infrared tidak menyala maka kamera CCTV hanya dapat merekam pada siang hari saat ada cahaya maksimal. Namun hal ini tentu tergantung merk dari kamera CCTV.

Solusinya adalah Anda perlu mengganti kamera CCTV dengan yang baru atau membawanya ke tukang servis untuk diperbaiki.

DVR Mati/Rusak

Penyebab selanjutnya adalah DVR. Apa itu DVR? DVR adalah alat yang sangat penting pada kamera CCTV, karena alat itu adalah alat yang mengendalikan seluruh sistem CCTV, dan keberadaannya sangatlah krusial. DRV merupakan singkatan dari digital video recorder yang fungsinya merekam video dalam format digital kemudian memindahkan secara langsung ke dalam alat penyimpanan seperti harddisk, flashdisk, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat DVR

Apabila DVR mati atau rusak, maka sistem kerja CCTV akan tidak berjalan. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah Anda harus segera mengganti DVR yang mati dengan yang baru, atau membawanya ke tukang servis kamera CCTV.

Port Konektor Berkarat Atau Terlepas : Ini adalah Permasalahan Yang Biasanya Terjadi Ketika CCTV Mati Total

Apabila power suppy, kamera dan DVR pada kamera CCTV baik-baik saja namun monitor tetap tidak merekam gambar alias blank, Anda perlu mengecek port konektor. Apabila ternyata port konektor ini mati, Anda bisa segera memindahkan port satu ke port lain, dan apabila kamera CCTV berfungsi kembali, artinya port konektor sebelumnya sudah rusak.

Ada baiknya Anda segera mengganti port konektor atau memperbaikinya ke tukang servis kamera CCTV supaya aktivitas perekaman berjalan normal kembali.

Kabel CCTV aus/putus

Penyebab cctv mati total. Jika keempat hal di atas (kamera, power supply, DVR dan port konektor) tidak mengalami masalah namun tetap saja kamera CCTV Anda tidak dapat merekam dengan maksimal, maka Anda perlu memeriksa kabel yang menghubungkan pada kamera CCTV.

Pastikan Anda memiliki kabel yang berkualitas

Kabel penghubung ini sama pentingnya seperti keberadaan DVR, karena tanpa adanya kabel-kabel penghubung ini, maka rekaman video yang telah direkam oleh kamera CCTV tidak dapat diteruskan ke monitor. Jika setelah Anda cek kondisinya tidak bagus seperti aus karena memang telah usang atau kualitas tidak bagus, atau sudah putus karena dimakan tikus. Maka Anda perlu menggantinya dengan kabel yang baru.

Kesimpulan tentang cara mengatasi CCTV Mati Total

Itulah 5 penyebab yang umum terjadi saat kamera CCTV mati total atau tidak menampilkan hasil rekaman pada monitor, serta cara mengatasinya. Memasang kamera CCTV memang tidak bisa sembarangan, ada banyak perangkat-perangkat pendukung yang perlu Anda ketahui dan teliti saat membeli sehingga saat pemasangan pun hal-hal eror lebih dapat dimininalisir dan dihindari.

Anda sebaiknya memilih perangkat pendukung kamera CCTV yang berkualitas baik sehingga masalah kerusakan ini tidak terjadi secara terus menerus atau setidaknya pilih perangkat dengan garansi yang jelas sehingga ketika tiba-tiba rusak Anda bisa mengklaim garansi tanpa takut keluar biaya tambahan lagi.

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menyewa jasa pemasangan CCTV yang dapat dipercaya dan punya reputasi bagus untuk mendapatkan hasil instalasi yang baik dan memuaskan.

Baja juga : Jasa CCTV Subang – Solusi pemasangan dan perbaikan CCTV di kota subang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *