Cara Merawat DVR CCTV All Merek Agar Tahan Lama (awet)

Cara Merawat DVR CCTV – Digital Video Recorder atau DVR adalah alat yang vital dalam sistem CCTV mengingat alat ini memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan hasil rekaman dari setiap unit kamera yang telah terpasang. Dibawah ini dijelaskan beberapa panduan untuk merawat Digital Video Recorder:

gambar cara merawat DVR

memberi sirkulasi udara

Posisikan penempatan DVR dalam kondisi yang setidaknya memiliki space ruangan, artinya tidak berdesakan dengan objek lain dan mempunyai ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara bahkan apabila dimungkinkan, posisikan DVR dengan pendingin ruangan agar suhu dalam ruangan selalu dingin.

Bila lokasi penempatan DVR sedikit terbuka seperti contohnya diluar ruangan tentu saja memiliki debu dan berminyak, maka tepat rasanya untuk lebih diperhatikan kebersihkan untuk menjaga performanya.

Pastikan DVR ada terpasang Anti petir/Surge Protection untuk mencegah masalah seperti lonjakan arus listrik yang diakibatkan petir.

Gunakan UPS (Backup Listrik)

Gunakan UPS Uninterruptible Power Supply untuk mencegah pemutusan arus listrik secara spontan akibat pemadaman listrik, sehingga memungkinkan Digital Video Recorder dapat dimatikan dengan manual. Periksa juga secara berkala kondisi batere pada Uninterrupitble Power Supply UPS dan bila perlu tambahkan juga stabilizer untuk menstabilkan arus listrik yang terhubung ke DVR

Merawat DVR CCTV Secara berkala

Membongkar secara rutin, misalnya satu atau dalam dua tahun sekali untuk membersihkan board yang tertumpuk debu dan kotoran. JIka dimungkinkan gunakan Compresorr udara untuk menyemprot debu di dalam DVR.

Update Firmware secara rutin

Check pada website pengembang merek DVR tersebut, Apakah memiliki perkembangan Firmware terbaru!. Dengan hal ini apabila terdapat firmaware update terbaru dapat meningkatkan perfoma DVR itu sendiri, Khususnya perbaikan Bugs, penambahan fitur baru, termasuk diantaranya konfigurasi yang lebih fungsional. Pastikan Firmware tersebut memang diperuntukan untuk DVR dengan type sesuai milik anda.

Misalnya saja DVR Anda bermerek Samsung Series E453 tentu harus disesuaikan dengan firmware terbaru berseries E453. Begitupun dengan merek Hikvision, sesuaikan juga series dan modelnya.

Ganti pasword default/standar

Pastikan anda menggunakan Password non standar pada perangkat Digital Video Recorder, hal ini bertujuan untuk menghindara penyalah gunaan pengguna yang tidak seharusnya.

Periksa kembali konfigurasi kompresi/ compress hasil outup video, resolusi gambar dalam satuan pixel, kualitas dan kerapatan gambar. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda untuk mendapat hasil yang optimal. dan ini tentunya tidak sulit untuk anda praktekan. apabila menemukan kesalahan silahkan baca manual book. Atau apabila dirasakan membutuhkan konsultasi seputar CCTV dan seluruh aksesoris didalamnya, dapat menghubungi jasa pemasangan CCTV karawang sebagai alternatif masalah anda.

Selalu memperhatikan toleransi waktu perekaman saat akan dihilangkan atau di timpa, ini berlaku apabila fitur overwrite diaktifkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kehilangan hasil rekaman (data rekaman) apabila terjadi insiden diwaktu itu.

Cara Merawat DVR lainnya diantaranya : Periksa kembali kondisi Hardisk (HDD) pada unit DVR CCTV. Apabila perlu setiap tiga tahun sekali Hardisk ini dapat di ganti. Ini opsional saja mengingat usia hardirsk yang bekerja 24jam sangat mudah /rentan usang diusia sekitar 3 tahun. Beda dengan Hardisk (SSD) yang dapat bekerja selama 20 Tahun atau bisa lebih lama. Tentunya memiliki harga yang berbeda

Mempersiapkan Flashdis, CD kosong (Blank CD), Mouse cadangan agar memudahkan saat proses oprasional dan penyalinan hasil rekaman.

Memperhatikan setiap konektor yang terhubung, apakah mengandung karat atau lembab yang dapat mengakibatkan pertumbuhan jamur dan berpotensi terjadi korsleting.

Pastikan alamat Internet Protokol IP tidak diketahui secara publik apabila DVR terhubungkan ke jaringan internet secara global.

Anda harus memastikan bahwa orang orang yang bertanggung jawa atas akses menuju DVR adalah mereka yang mendukung adanya kamera pengawas yang terpasang. Ini menjadi penting.

Pastikan hanya satu atau dua orang yang bertanggung jawab secara penuh atas pengoperasian DVR.

Posting kami lainnya : Jasa CCTV Subang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *