Kelebihan IP cam Camera IP : Penjelasan lengkap

Simak penjelasan secara luas tentang apasaja Kelebihan IP cam. Kamera pengawas menjadi hal yang sangat krusial dewasa ini, terbukti dari makin maraknya pemasangan CCTV bahkan oleh instansi pemerintahan.

Seperti contohnya CCTV kini dipasang di lampu merah sebagai alat untuk mengawasi berbagai bentuk pelanggaran dengan lebih mudah dan akurat.

ip camera cam cctv

Salah satu jenis kamera pengawas yang dinilai sudah canggih dan cocok digunakan di era serba digital seperti sekarang ini adalah IP Camera. Banyak orang yang beranggapan bahwa kamera CCTV merupakan IP camera, walaupun sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda. IP camera sendiri adalah kamera pengawas dengan teknologi yang lebih modern,

Mengingat dapat terhubung dengan jaringan wireless tidak seperti kamera CCTV analog. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh IP camera cctv ini, yuk simak penjelasannya!

Mengenal jenis Camera IP dan Kelebihan IP Cam yang Saat Ini Populer di pasaran

Sebelum membahas mengenai kelebihan IP cam, ada baiknya Anda mengetahui ada dua jenis IP kamera yang beredar di pasaran, yaitu IP kamera terpusat dan IP kamera desentralisasi. IP kamera terpusat adalah jenis IP kamera yang memerlukan NVR (Network Video Recorder) untuk mengatur perekaman video dan manajemen alarm.

Sedangkan IP cam desentralisasi

adalah jenis IP kamera yang tidak memerlukan NVR dalam proses perekamannya melainkan dapat langsung merekam

kemudian menyimpan media datanya secara digital melalui flashdisk harddisk dan media penyimpanan lainnya.

Bagian-bagian yang ada pada iP cam

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai kelebihan IP kamera, Anda perlu sedikit tahu mengenai bagian-bagian apa saja yang ada pada IP kamera.

Seperti kamera pada umumnya, IP kamera juga dilengkapi dengan lensa yang berfungsi sebagai alat untuk memfokuskan gambar video dengan lebih jelas

Kemudian ada CCD/CMOS atau biasa disebut dengan sensor gambar, yang berguna mengubah cahaya yang dihasilkan oleh lensa menjadi sinyal listrik. Selain itu IP kamera juga dilengkapi dengan prosessor pengompresi gambar supaya data yang dihasilkan tidak terlalu besar dan memakan banyak memori.

IP kamera juga dilengkapi dengan audio untuk merekam suara yang ada pada video, serta input output yang bertugas mengontrol pergerakan lensa supaya lebih fokus maupun bisa memperbesar secara otomatis.

Linux, Operating System Pertama yang Digunakan untuk IP cam CCTV

Pengenalan IP Camera pertama kali dilakukan pada tahun 1996 oleh Axis Communication. IP Camera sendiri dikembangkan oleh Martin Gren dan Carl-Axel Alm dan diberi nama Axis NetEye 200.

Pada waktu itu penggunaan IP Camera masih sebatas menggunakan server web internal, belum disebar luaskan ke masyarakat.

Baru pada tahun 1999, Linux menjadi operating system pertama yang digunakan untuk menjalankan IP Camera. Dirilis oleh Mobotix, IP Camera ini tidak memerlukan lisensi software untuk melakukan perekaman gambar dan suara. Baru pada tahun 2005, Intellio merilis kamera IP pertama dengan fitur VCA.

Kelebihan kamera IP ini adalah dapat merekam berbagai macam aktivitas yang berbeda, sesuai dengan aktivitas yang di-setting pada sistemnya.

Seperti misalnya gerak-gerik orang yang akan mencuri, dll. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tersedia dari mulai kualitas VGA hingga 29 megapiksel.

Beberapa tahun terakhir ini fitur kamera di kamera IP mulai mengalami peningkatan Diantaranya yaitu berkualitas HD 720p dan 1080i dengan format widescreen 16 : 9.

Teknologi Wireless menjadi hal paling menarik Dan Menjadi Kelebihan IP Cam Saat ini

Perbedaan paling mencolok dari kamera CCTV analog dengan IP kamera terletak pada penggunaan alat pasangnya.

Kamera CCTV analog kebanyakan masih menggunakan banyak sambungan kabel sehingga sebagian orang menganggapnya ribet dan memakan banyak waktu dan biaya pemasangan.

Baca juga : Jasa CCTV Purwakarta layanan pemasangan kamera pengawas dengan tarif murah

Sedangkan IP camera lebih ringkas karena tidak memerlukan kabel tambahan, namun sudah terhubung menggunakan jaringan internet. Pada kamera CCTV analog, pusat kontrol/DVR perlu disambungkan menggunakan kabel supaya dapat bekerja maksimal dalam pengawasan ruangan.

Tetapi bukan berarti IP kamera ini tidak memerlukan kabel sama sekali, namun penggunaan kabel ini hanyalah sebatas menyambungkan kamera ke power supply, sedangkan sistem tetap bekerja merekam aktivitas dan mengirimkan hasilnya ke aplikasi yang dipakai.

Dapat diakses dimanapun dan kapanpun

Kelebihan lain dari IP kamera dibanding CCTV analog adalah dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Apabila kamera CCTV analog memerlukan berada di pusat kontrol untuk dapat melihat rekaman hasil pengawasan, menggunakan IP kamera ini lebih mudah karena dapat dilihat dari manapun bahkan ketika Anda berada jauh dari kamera.

Ini sangat menarik untuk Anda dengan mobilitas tinggi. Cara kerjanya adalah Anda perlu terhubung dengan internet untuk bisa mengakses rekaman video dari IP kamera menggunakan aplikasi dari ponsel maupun PC.

Fitur Remote Recording Sangat Pas untuk Mobilitas tinggi

Kamera CCTV analog merekam video sesuai dengan ruang lingkup dimana kamera terpasang, kemudian rekaman tersebut tersimpan dalam bentuk kaset pada suatu alat recorder/DVR.

Hal ini memang menjadi cara dan solusi yang pas

Karena kaset-kaset tersebut dapat disimpan apabila kemudian hari dibutuhkan pun tinggal memutar ulang hasil rekaman

Namun tetap saja cara ini memiliki resiko khususnya untuk instansi yang rawan tindak kejahatan. Oknum yang tak bertanggung jawab bisa saja menggunakan kesempatan ini untuk mencuri kaset rekaman tersebut.

Berbeda dengan kamera CCTV analog, hasil rekaman IP camera bisa langsung dikirimkan melalui email selama ada jaringan internet di sekitarnya.

IP Camera Memiliki Fitur analytics video yang memudahkan kerja Anda

Perkembang teknologi IP kamera benar-benar memudahkan penggunanya dalam hal pengawasan dan perekaman. Salah satunya adalah telah banyak IP kamera yang mendukung teknologi analitis video atau analytics video.

Selain itu ada juga fitur tracking serta motion detection.

Teknologi-teknologi ini dapat mendeteksi gerakan yang terekam dalam video dengan lebih detil, karena bisa membedakan antara gerakan manusia, pohon, mobil atau hewan.

Teknologi ini memudahkan pekerjaan pengawasan pada instansi penting seperti kepolisian.

Kelebihan IP Cam Berikutnya Adalah Dapat bergerak ke segala arah Sesuai Topologi Yang Direncanakan.

Kebanyakan kamera CCTV hanya bisa fokus pada satu titik bidang pengawasan saja, walaupun begitu ada fitur-fitur lain yang melengkapi misalnya saja bidang memperbesar yang lebih maksimal.

Baca Juga : Jasa cctv subang layanan pemasangan cctv untuk daerah subang jawa barat

Namun khusus untuk teknologi IP camera, fitur teknologinya lebih canggih karena kamera jenis ini dapat berputar ke segala arah, atas bawah, kanan kiri, dan depan belakang. Sehingga semua sudut di rungan bidang pengawasan lebih dapat diawasi dengan sempurna dan maksimal.

Teknologi ini disebut dengan teknologi PTZ (Pan Tilt Zoom). Biasanya kamera dengan jenis PTZ ini ditempatkan di wilayah yang ramai dan perlu pengawasan ke berbagai sudut, seperti jalan raya, restoran dan sebagainya.

Selain dapat memutar ke segala arah IP kamera juga memiliki rangka tubuh layaknya kamera CCTV berbentuk dome atau kubah yang bentuknya lebih ringkas.

Akses dilakukan melalui mesin pencari yang umum digunakan

Mengakses IP kamera tidaklah serumit yang dibayangkan, karena Anda dapat mengaksesnya melalui mesin pencari yang paling umum digunakan seperti Mozilla Firefox ataupun Google Chrome. Anda cukup mengetik merk dari IP kamera yang Anda beli, maka akan muncul cara mengaktifkannya.

Maka penting bagi Anda untuk mencari jenis cctv yang sedang populer untuk memudahkan akses. Nah apabila Anda tidak bisa mengakses web browser karena Anda sedang jauh dari PC,

Anda bisa memakai software khusus yang dirancang untuk IP kamera.

Software ini nantinya berfungsi sebagai pengelola data IP camera, sebagai sarana mereka data video dan audio,

Kemudian mencari data rekaman yang telah tersimpan maupun melihat hasil pengawasan IP camera secara bersamaan. Anda hanya perlu mencari mengenai software khusus IP kamera ini.

Kelebihan IP Cam Tentu Saja Tidak Lepas Dari Kekurangannya

Itu dia kelebihan penggunaan IP kamera dalam pengawasan, baik untuk instansi pemerintah hingga hunian pribadi Anda. Dengan menggunakan IP kamera,

Proses pengawasan pun lebih mudah dilakukan karena cukup dengan terhubung melalui internet, Anda bisa mengawasi rekaman video dari manapun.

Selain itu juga IP kamera lebih user friendly karena proses instalasi yang lebih mudah dibandingkan dengan kamera CCTV analog. Namun tetap saja dibalik kelebihan-kelebihan yang luar biasa tersebut, ada kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Karena IP kamera memerlukan sambungan internet untuk dapat bekerja maka kemungkinan besar tidak hanya Anda saja yang bisa mengakses karena alamat IP internet

Anda bisa saja disadap sehingga data perekaman Anda bisa diketahui pihak lain.

Selanjutnya adalah masalah penggunaan data. Anda perlu mempersiapkan bandwith yang besar untuk dapat menyimpan video-video hasil rekaman apalagi mengirimkannya ke email Anda.

Jaringan wireless yang Anda gunakan untuk menyambungkan IP camera pun juga harus mempunya infrastruktur yang kuat supaya jaringan tetap stabil dan proses pengawasan pun dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan.

Tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli IP Cam

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada IP kamera, Anda mungkin mulai mempertimbangkan untuk memiliki IP kamera sebagai teknologi untuk mengawasi hunian Anda.

Namun yang perlu Anda tahu, Anda tetap harus memperhatikan cara memilih kamera CCTV yang sesuai untuk kamera berjenis IP cam supaya Anda mendapatkan kamera yang berfungsi secara maksimal serta mendapatkan produk yang bagus.

Anda perlu melihat ulasan merk IP kamera yang ingin Anda beli, kredibilitas toko dan juga apakah IP kamera tersebut memiliki toko resmi karena akan berhubungan dengan garansi.

Jika hal-hal seperti ini Anda perhatikan dengan lebih detil, Anda akan mendapatkan IP kamera yang sesuai dana Anda namun memiliki kualitas yang baik dan tidak gampang rusak.

Berikutnya jangan hanya tergiur dengan harga IP kamera yang terlampau lebih murah walaupun Anda tahu merk IP kamera tersebut bukanlah merk ternama,

Namun bagaimana jika Anda terbatas pada dana? Jangan khawatir jika Anda tetap ingin membeli IP kamera dengan harga terjangkau, Anda harus melihat garansi dari produk tersebut.

Darimanakah garansi tersebut berasal dan berapa lama masa berlaku garansi. Jika garansi berjangka waktu sebentar dan hanya memiliki garansi distributor, Anda perlu mempertimbangkan lagi rencana Anda membeli merk tersebut.

Garansi ini sangatlah penting dalam melindungi hak konsumen,

Jadi meskipun sedang hemat biaya, Anda bisa melihat garansi yang diberikan pada produk IP kamera yang ingin Anda beli. Anda bisa mempercayakan jasa CCTV di rumah Anda kepada jasa pemasangan CCTV yang sudah profesional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *