Cara Menentukan Posisi Pemasangan CCTV Yang Optimal

posisi pemasangan cctv

Posisi pemasangan CCTV yang optimal. Memasang CCTV saat ini menjadi kebutuhan yang hampir selalu dipikirkan oleh banyak orang untuk melindungi rumah maupun bisnis mereka. Mungkin Anda juga salah satunya. Memang CCTV tidaklah mudah, harus dibekali dengan persiapan yang matang supaya mendapatkan hasil yang memuaskan dan kamera CCTV yang awet.

Persiapan tersebut meliputi pembekalan mengenai info dasar, merk serta menentukan posisi pemasangan CCTV yang tepat untuk pengawasan yang optimal. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memilih lokasi pemasangan yang tepat supaya pengawasan di rumah atau tempat bisnis Anda lebih optimal. Mari simak penjelasannya!

10 Tips Menentukan Posisi Pemasangan CCTV

# Untuk Menentukan Posisi Pemasangan CCTV Hal Utama Adalah Tentukan Object yang ingin dipantau

Hal pertama dan utama dari pemilihan lokasi adalah apa yang ingin Anda pantau. Anda perlu memikirkan apa saja yang ingin Anda pantau serta dimana. Misalnya saja Anda ingin memantau aktivitas orang keluar masuk pagar rumah Anda, maka pemilihan lokasi tentu di sekitar pagar rumah Anda. Kemudian Anda tinggal mencari titik fokus yang dapat menjangkau area lebih luas, mulai dari ketika kamera memperbesar lensanya, titik tersebut dapat dengan jelas melihat gambar wajah orang yang sedang masuk atau keluar pagar rumah Anda.

# Pencahayaan yang maksimal

Cara memasang CCTV berikutnya. Yang perlu diperhatikan adalah masalah pencahayaan. Pastikan titik yang Anda pilih memiliki pencahayaan yang pas, sehingga hasil rekaman video kamera CCTV nantinya memiliki kualitas yang baik dan memperlihatkan hasil yang jelas. Sumber cahaya ini juga bisa berupa sumber cahaya matahari dan cahaya lampu. Kedua hal ini perlu diperhatikan mengingat kegunaan CCTV adalah mengawasi 24 jam. Namun, ada satu hal yang harus Anda ketahui bahwa Anda tidak disarankan memasang kamera CCTV terlalu dekat dengan lampu. Hal ini mengakibatkan kualitas gambar yang dihasilkan menjadi tidak jelas atau blur karena pencahayaan yang terlalu terang.

# Memilih titik pemasangan yang aman (Free Zona)

Cara berikutnya adalah Anda perlu memastikan bahwa titik pemasangan kamera yang Anda pilih tersebut aman. Aman dalam artian jauh dari jangkauan orang sehingga tidak akan dirusak. Anda bisa memilih tempat yang tinggi sebagai titik posisi pemasangan CCTV yang paling ideal. Selain menghindari rusak, pemasangan yang aman ini juga dapat menghindarkan CCTV dari cuaca maupun gangguan luar seperti hewan.

# Permukaan Atau Bidang Pada Posisi Pemasangan CCTV

Selanjutnya, setelah Anda memilih titik lokasi yang aman untuk menghindari kerusakan, Anda juga perlu memperhatikan permukaan dari titik lokasi yang nantinya akan dipasang kamera. Pastikan permukaan yang Anda pilih memiliki permukaan yang rata, misalnya saja dinding atau plafon. Pastikan kamera CCTV tidak terhalang oleh berbagai benda atau objek lain, sehingga kamera dapat mengawasi ruangan tanpa terganggu atau tertutupi oleh benda yang berada di sekitarnya. Dengan begitu, kamera CCTV dapat bekerja dan berfungsi dengan efektif dan maksimal.

Lokasi-lokasi terbaik untuk Posisi Memasang CCTV

Setelah membaca tips-tips pemilihan lokasi posisi pemasangan CCTV, hal yang perlu Anda tahu selanjutnya adalah lokasi-lokasi yang paling pas dipasang CCTV. Berikut penjelasannya.

Prolog : Sebelum lebih lanjut, Baca juga : Jasa Pemasangan CCTV Karawang, Solusi cerdas bagi anda yang tidak mau repot dengan berbagai seperti yang ditulis dalam artikel hebat ini. Jasa Pemasangan CCTV Karawang adalah layanan terbaik dalam aspek CCTV. Meliputi perbaikan dan pemasangan unit baru. Berspesialis juga untuk daerah subang (jasa CCTV Subang) jawa barat indonesia

Garasi rumah

Garasi menjadi tempat Anda memarkir kendaran Anda, sehingga lokasi ini juga penting untuk diawasi oleh CCTV. Pastikan Anda memilih titik pemasangan yang tepat sehingga kamera CCTV dapat menjangkau seluruh ruangan garasi Anda.

Pintu depan : Ini Adalah Prioritas Utama Dalam Menentukan Posisi Pemasangan CCTV

Pintu depan merupakan pintu yang sebagian besar sangatlah rawan dan perlu untuk diawasi oleh CCTV. Untuk mencegah pencuri merusak kamera Anda, lokasi posisi pemasangan CCTV terbaik adalah dengan memasangnya di tingkat lantai dua atau pada langit-langit rumah yang menyorot langsung ke pintu depan. Jika rumah Anda hanya memiliki  satu tingkat saja, pertimbangkan memasang pelindung tambahan untuk melindunginya dari lemparan batu, tongkat, atau senjata lainnya.

Jendela

Lokasi lainnya yang biasa menjadi sasaran pencuri adalah jendela. Jendela yang ada di depan rumah Anda biasanya menjadi titik yang paling rawan setelah garasi dan pintu depan. Tempatkan kamera pada setiap area di rumah Anda yang terdapat jendela, supaya Anda bisa mengawasi rumah Anda dengan lebih optimal.

Halaman belakang

Tidak semua pencuri melakukan aksinya lewat pintu depan. Ada juga yang lewat halaman belakang, menghindari orang-orang mempergoki aksinya. Maka sebagai cara untuk melindungi rumah Anda adalah dengan posisi pemasangan CCTV di halaman belakang rumah. Jika halaman belakang Anda dipagari, pastikan kamera Anda memiliki pandangan langsung ke gerbang masuk atau dengan memasang menginstal kamera tambahan pada gerbang belakang tersebut.

Baja juga : Jasa pasang CCTV Purwakarta, Solusi kamera pengawas berteknologi digital khusu untuk daerah purwakarta jawa barat. Jasa CCTV kini hadir lebih mudah apabila anda tinggal dikota tersebut.

Pintu Samping

Selain halaman belakang, pintu samping atau pintu belakang juga harus Anda awasi menggunakan kamera ini. Juga upayakan untuk menempatkan kamera Anda jauh dari jangkauan tangan atau dengan melindunginya dari benda seperti batu atau tongkat yang mungkin dilempar oleh penyusup. Anda bisa memilih kamera CCTV yang dapat mengatur cahaya siang dan malam sehingga hasil rekaman lebih optimal walaupun dalam cahaya maksimal dan minim cahaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *